Tipe Kerja di Jepang

Monday 14 March 2011

 Kita tahu jepang adalah salah satu negara yang paling maju di dunia dengan peringkat ekonomi tebesar kedua setelah Amerika, dan tentu kita sering membayangkan betapa enaknya kalau bisa bekerja di jepang, sebelum anda pergi kesana ada baiknya anda tahu ada beberapa tipe pekerja disana yang mungkin akan membuat anda berpikir ulang keinginan anda untuk bekerja di jepang.


Salaryman

 Orang-orang yang hidup dengan gaji rendah, kerja setengah mati, tanpa uang lembur, dan tanpa kepastian peningkatan karir meskipun mereka telah bekerja puluhan tahun. Makanya jangan heran ketika kamu melihat banyak karyawan Jepang yang tertidur pulas di kereta ketika mereka menuju pulang ke rumah. Mereka terlalu lelah.




karoshi
 
Karoshi artinya “mati di kerja” atau kematian karena stress pekerjaan. Halusnya berarti “meninggal karena setia dan mengabdi kepada perusahaan”. Kematiannya bisa karena kecelakaan di tempat kerja, kematian karena terlalu lelah (kesehatannya menurun jauh), ataupun karena bunuh diri karena stress kerja.

Sensei 

diambil dari wikipedia :adalah sufiks yang digunakan oleh orang-orang Jepang sebagai panggilan untuk orang yang dihormati karena posisinya. Biasanya yang mendapatkan gelar ini adalah seorang guru.
Sen pada kata Sensei berasal dari kata sakidatsu  lebih dulu di depan), sedangkan sei berarti murid. Gelar sensei biasanya diberikan kepada orang yang menekuni pekerjaan yang memerlukan pengetahuan khusus seperti anggota parlemen, dokter, pengacara, seniman, musisi, mangaka, kritikus, guru ilmu bela diri, guru agama, guru sekolah, guru les, guru bimbingan tes dan sebagainya).

0 comments: